Category Archives: Tips & Trik di Dapur

Tips Memasak Cepat

ShareTerkadang, karena keterbatas waktu, kita tidak sempat memasak disetiap waktu makan. Biasanya kita akan masak sehari sekali, kemuadian lauk akan dipanaskan berkali-kali. Secara waktu memang lebih hemat, tapi ada kalanya keluarga bosan bila menu pagi, siang, dan sore dengan menu yang sama. Ada siasat dari Ibu Septi (Bunda Cekatan, IIP) untuk menyediakan makana fresh setiap […]

Tips Menyimpan Bawang

ShareKayaknya primadona di dapur kita untuk urusan bumbu masak adalah BAWANG …bener ngga siy, mau itu bawang merah, bawang putih atau bawang bombay …wajib aja di dapur cantik bunda kan Bagaimana selama ini Bunda menyimpan bawang agar awet? karena saat harga sembako melambung biasanya miss Bawang juga ikut-ikutan naik harganya, membeli dapat jumlah banyak jelas […]

Menyusun Daftar Menu Keluarga

ShareMemasak adalah kadang menjadi hal yang paling ribet dan memakan banyak waktu kalo kita tidak tahu trik dan tips nya. Sebagian keluarga menyusun menu makanan dalam bentuk DAFTAR MENU BULANAN, sedangkan yang saya pelajari dari buku IIP (institut ibu profesional) “Bunda Cekatan” Ibu Septi (penggagas komunitas IIP) mengenalkan tentang konsep “MENU 10 HARI” jadi semua […]

Selai Kacang Homemade

ShareSarapan setangkup roti dengan olesan selai kacang dan secangkir teh ….ehhhmm sedaaap. Apalagi selai kacangnya homemade buatan bunda sendiri, tambahan bumbu “cinta” semakin membuat selai kacang lezat gampang banget kok bikinnya …kita coba yuk Bahan: 375 gram kacang tanah kupas 7 sendok makan gula pasir (anda bisa gantikan dengan madu untuk versi yang lebih sehat) […]

Telur Setengah Matang

ShareAda yang suka telur rebus? saya suka sekali …tapi kadang terlalu matang merebusnya jadi tidak asyik lagi dimakan atau terlalu mentah yang jadinya geli mau disantap. Gimana siy seharusnya merebus telur sehingga kematangannya passs… Karena bunda tahu ga, apa saja sebenarnya manfaat telur rebus setengah matang bagi tubuh? Bebas Keracunan Makanan Telur rebus setengah matang […]

Sosis Sapi Homemade

ShareSemua yang serba homemade harusnya lebih sehat dan hemat ya bunda, karena kita tahu pasti bahan apa saja yang masuk dalam makanan tersebut, bebas pengawet, pewarna buatan atau zat-zat tambahan lain yang tidak perlu atau bahkan bisa sangat tidak sehat untuk tubuh kita. Anak-anak hampir semua suka yang namanya sosis, apalagi kalo didepan sekolahnya ada […]

Lumpia Crispy

ShareYang srispy dan renyah memang paling enak buat cemilan ya, seperti lumpia goreng …dinikmati panas-panas pas hari hujan pasti asyik banget. Tapi seringkali minyaknya masih banyak sekali menempel atau terserap di hasil akhir gorengan kita kan, apalagi kalo lumpianya “cepat saji” alias sudah disimpan duluan di freezer sebelum digoreng. Ternyata ada triknya loh …ikuti resep […]