Category Archives: Tips & Trik di Dapur

bba0c88a1a1f4e0bbda0cdd47bb27891_imresized

Tips Memasak Cepat

Terkadang, karena keterbatas waktu, kita tidak sempat memasak disetiap waktu makan. Biasanya kita akan masak sehari sekali, kemuadian lauk akan dipanaskan berkali-kali. Secara waktu memang lebih hemat, tapi ada kalanya keluarga bosan bila menu pagi, siang, dan sore dengan menu yang sama.

bba0c88a1a1f4e0bbda0cdd47bb27891_imresized

Ada siasat dari Ibu Septi (Bunda Cekatan, IIP) untuk menyediakan makana fresh setiap kali makan.
1. Berbelanja seminggu sekali, kemudia semua bahan langsung diracik (dipotong sesuai porsi makan, ditempatkan dalam wadah dalam keadaan bersih)
2. Semua bahan makanan ditata first in firs out. Misalnya belanja hari Minggu, maka bahan makanan paling dalam adalah yang akan disajikan hari Sabtu dan yang paling luar adalah untuk hari Senin
3. Wrap/bungkus rapat dan pastikan semua bahan mentah dalam keadaan kering sebelum disimpan dalam kulkas. Bila tidak sempat untuk men-cuci kering-kan bahan makanan tersebut, pencucian bisa dilakukan saat memasak. Pastikan saja kontamionasi seperti tanah pada sayuran sudah dibersihkan maksimal meski tanpa air
4. Buat Sediaan bumbu uleg, untuk bawang merah/putih bisa lihat caranya diSINI
5. Untuk menyimpan SANTAN, sebaiknya dalam bentuk kelapa dan bukan santan karena akan lebih awet, atau mungkin ada yang sudah dalam bentuk santan, bunda bisa menyimpannya dalam plastik es/plastik gula lalu simpan dalam freezer dan thaw (cairkan) sebelum dipakai (bisa tahan + 1 minggu).
6. Dengan menerapkan manajemen memasaka seperti yang dijelaskan di Cara Menyusun Daftar Menu Keluarga ga perlu pusing mikir menu dan budget belanja. Waktu memasak juga cepat dan masakan fresh bisa berganti-ganti setiap hari. Bahkan setiap waktu makan

Selamat mencoba

bawang2an

Tips Menyimpan Bawang

Kayaknya primadona di dapur kita untuk urusan bumbu masak adalah BAWANG …bener ngga siy, mau itu bawang merah, bawang putih atau bawang bombay …wajib aja di dapur cantik bunda kan ūüėÄ

bawang2an

Bagaimana selama ini Bunda menyimpan bawang agar awet? karena saat harga sembako melambung biasanya miss Bawang juga ikut-ikutan naik harganya, membeli dapat jumlah banyak jelas sedikiti menguntungkan ya …tapi musti paham niy cara menyimpan bawang biar awet sampai saatnya digunakan.

Berikut ada tips untuk menyimpan Bawang, untuk awetnya juga bisa dicoba untuk kepraktisannya.
1. Bawang Segar, masih dengan kulitnya
Jika ingin menyimpan bawang merah tanpa membuatnya menjadi busuk dan bertunas.

  • Pilih bawang yang benar benar baik dengan kulit yang masih utuh.
  • ¬†Cobalah untuk menggantung bawang tersebut ditempat yang lebih tinggi. Karena akan membuat si bawang mendapatkan perputaran udara yang baik dan bawangpun akan terhindar dari pembusukan.
  • Simpan pada suhu kamar.
  • Jangan mengupas kulitnya atau mencucinya jika belum akan digunakan.

2. Bawang Kupas/Iris
 Jangan mengupas kulit bawang merah saat anda menyimpannya di ruangan terbuka.

  • Kalau anda ingin menyimpan bawang merah yang sudah dikupas tanpa dicuci terlebih dahulu, gunakan wadah tertutup seperti tupperware dan masukkan ke dalam kulkas. cuci bersih sebelum dipakai
  • Atau Agar si bawang iris ini tetap awet, cobalah untuk direndam dicairan minyak goreng, karena dapat menjaga si aroma dan warna dari bawang itu sendiri. Jadi tetap fresh saat digunakan. Apapun bawangnya.
  • Sebaiknya gunakan bawang merah yang baru dikupas saat akan memasak, karena kita tidak tau bakteri apa saja yang sudah diserap oleh bawang merah kupas yang sudah disimpan sebelumnya.
  • Hasil masakan akan lebih enak bila menggunakan bawang merah yang baru dikupas saat akan memasak

3. Bawang Halus
 Untuk lebih menghemat waktu, bawang juga bisa disimpan dalam keadaan halus lho.

  • Kupas dan cuci bersih bawang yang kualitasnya baik
  • Pastikan blender yang untuk menghaluskan bawang dalam keadaan bersih, lalu tumis bawang (terpisah antara bawang merah dan bawang putih) dengan sedikit minyak agak lama untuk mematikan kuman selama pembuatan bumbu halus.
  • Siapkan Jar/toples kecil bening bekas selai yang steril, caranya rendam dalam air panas kemudian keringkan.
  • Setelah ditumis (digongso) masukkan bumbu halus dalam jar, tutup rapat dan simpan dalam kulkas
  • Sebaiknya tidak terlalu banyak membuat bawang halus dalam jar, untuk menghindari terlalu sering membuka tutup jar selama penyimpanan.
semoga bermanfaat
gambar papan menu

Menyusun Daftar Menu Keluarga

Memasak adalah kadang menjadi hal yang paling ribet dan memakan banyak waktu kalo kita tidak tahu trik dan tips nya. Sebagian keluarga menyusun menu makanan dalam bentuk DAFTAR MENU BULANAN, sedangkan yang saya pelajari dari buku IIP (institut ibu profesional) “Bunda Cekatan” Ibu Septi (penggagas komunitas IIP) mengenalkan tentang konsep “MENU 10 HARI”

jadi semua tergantung Bunda dan kesepakatan bersama keluarga, agar waktu bunda tidak terkuras banyak untuk urusan dapur dan menu keluarga tercinta. Karena Menu yang disusun oleh Bunda haruslah menu yang SEIMBANG :

  • Sesuai dengan kebutuhan gizi juga dipelajari proporsinya (misalnya protein harusnya lebih banyak drpd lemak, *ini asumsi penulis saja yang sama sekali bukan ahli gizi)¬†Terdiri dari makanan pokok(karbohidrat tinggi), sayur(mineral), lauk pauk(protein dan lemak), buah(vitamin), dan susu
  • Distribusi makanan 1 hari, termasuk pemilihan warna, kalo¬†warna-warni makanannya kan bagus. Jadi kalau sayurnya sudah ijo, lauk bisa dibikin balado warna agak kemerahan gitu jd meja makan pun indah.. Tapi yah, kalau tidak sempat hal ini pun terabaikan ūüėÄ
  • Ketersediaan bahan makanan dan Anggaran¬†Keuangan sesuai dengan kondisi keluarga masing2. Misalnya, kita sedang berada di kota yang banyak seafoodnya, yah olahlah seafood tersebut, kalau yg banyak sayuran yah harus pinter2 ngolah sayuran, syukur2 kalo semua bahan masak serba ada :)
  • Aman, halal dan baik
  • Berimbang. Komposisi zat gizi sesuai usia, berat badan, kelamin, dan aktivitas

Mau Sebulan atau 10 hari daftar menu yang dipilih Bunda, ada tips niy buat meyusunnya :
1. Buat tabel, atau bisa tulis dikertas warna warni, semua menu makanan yang terlintas di pikiran bunda. Makanan utama, lauknya, sayurnya, cemilannya :)

2. Kelompokkan menu-menu terseut jadi satu golongan
kalau dari “menu 10 hari” kita bisa aplikasikan “Menu Tematik” contoh
10 hari pertama: menu makanan laut
10 hari kedua: menu makanan sawah

3. Ada Ayah dan anak bosen kalo menu pagi, siang, dan sore makan dengan menu sama.
Maka itu buatlah menu 5 menitan, alias masakan praktis yang tinggal cemplung-cemplung selesai. Jadi harus kita yang pinter2 nata dan nyiapin bumbu agar proses memasak untuk setiap waktu makan itu berlangsung cepat tanpa harus memakai bahan instan yang tidak baik bagi kesehatan. siapkan bumbu tumis bawang merah,     bawang putih dan cabai merah, lainnya cukup diracik saja per wadah setiap pagi untuk menu seharian.

Siasatnya, selesai belanja,mulailah langsung diracik(plus bumbu di wadah) dan ditata first in first out. Jadi seminggu itu ga pusing mikir menu dan budget belanja. Waktu memasak juga cepat, masakan fresh dan bisa berganti-ganti setiap hari. Ternyata bahan mentah kalo diwrap rapat bisa tahan sebulan.

Perhatian!sebelum wrap sayur harus kering, langsung cuci dan keringkan setelah belanja atau tanpa perlu dicuci tapi pastikan sayuran kering sebelum disimpan.

4. Belanja bahan-bahan makanan per tiga hari saja agar bahan masih segar dan kulkas juga tidak jadi penuh sesak. Lihat bahan-bahan yang diperlukan 3 atau 4 hari ke    depan, apa yang ada di kulkas, yang tidak ada di kulkas berarti harus dibeli, dibuat saja daftarnya agar tidak lupa. Ini juga menghindari kalap mata pas ke tukang sayur, melihat ikan dan sayuran yang masih segar-segar langsung saja diborong, padahal gak ada di menu yang sudah ditetapkan.

5.¬†Letakkan papan menu di dapur.¬†Bedakan warna untuk setiap olahan. Misal warna merah untuk semua olahan ayam. Kuning untuk olahan daging.¬†Menyusun menu¬†¬†penting, sama pentingnya seperti menyusun ‘menu’ pendidikan anak.¬†Bila anak senang suatu makanan, jangan selalu dituruti, karena nanti anak jadi ga tau menu lainnya.

Gimana? mau nyoba? jika kita bisa terapkan konsep ini …bakal banyak uang dan waktu luang yang tidak terbuang percuma lho
ini contoh PAPAN MENU ya …

gambar papan menu

 

 

 

 

 

 

 
dari Kuliah Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional
atau

Daftar Menu Sebulan dari “laboratoriumdapurku”
menu satu bulan

 

 

 

 

 

 

 

 

Selamat mencoba!!!!

selai kacang

Selai Kacang Homemade

Sarapan setangkup roti dengan olesan selai kacang dan secangkir teh ….ehhhmm sedaaap. Apalagi selai kacangnya homemade buatan bunda sendiri, tambahan bumbu “cinta” semakin membuat selai kacang lezat :)
gampang banget kok bikinnya …kita coba yuk

selai kacang

Bahan:
375 gram kacang tanah kupas
7 sendok makan gula pasir (anda bisa gantikan dengan madu untuk versi yang lebih sehat)
1 sendok makan minyak sayur

Cara membuat:

1. Siapkan kacang tanah, saya menggunakan kacang tanah kupas, anda bisa menggunakan baik yang kupas maupun yang masih memiliki kulit ari.
2. Tuangkan dan panaskan minyak dalam jumlah banyak di wajan. Goreng kacang hingga kuning kecoklatan, usahakan semua bagian kacang terendam minyak. Jika anda menginginkan selai kacang dengan warna krem pucat maka goreng kacang hingga agak kekuningan saja. Saya sendiri lebih suka dengan selai yang coklat keemasan, karena terlihat lebih menarik dan menggugah selera.
3. Supaya kacang merata matangnya, sesekali balik-balikkan kacang selama di goreng dengan sutil/spatula. Angkat dan tiriskan kacang. Kacang cenderung akan meneruskan proses pematangannya walaupun telah diangkat dari minyak, untuk menghindari kacang menjadi gosong segera angkat jika telah berwarna kuning kecoklatan.
4. Jika kacang goreng sudah agak menghangat, masukkan kacang ke dalam blender atau food processor. Tambahkan gula pasir dan minyak, proses hingga kacang menjadi halus dan keluar minyaknya. Mesin mungkin agak sulit untuk bergerak, karena itu sesekali hentikan mesin dan aduk-aduk gilingan kacang hingga tidak menggumpal, kemudian lanjutkankembali menggiling.
5. Proses hingga kacang menjadi halus dan selai tampak berminyak. Masukkan ke dalam botol atau wadah tertutup rapat. Biarkan hingga benar-benar dingin baru simpan di kulkas untuk waktu yang lama.

sumber resep : Justtryandtaste

telur rebus 1

Telur Setengah Matang

Ada yang suka telur rebus? saya suka sekali …tapi kadang terlalu matang merebusnya jadi tidak asyik lagi dimakan atau terlalu mentah yang jadinya geli mau disantap. Gimana siy seharusnya merebus telur sehingga kematangannya passs…

Karena bunda tahu ga, apa saja sebenarnya manfaat telur rebus setengah matang bagi tubuh?

Bebas Keracunan Makanan

Telur rebus setengah matang jauh lebih baik dibandingkan telur mentah yang sering dikonsumsi banyak orang dengan alasan kesehatan. Sebab, telur rebus setengah matang akan mencegah risiko keracunan bakteri salmonella.
Anda juga tak perlu khawatir kehilangan banyak vitamin dan mineral akibat proses memasak, karena telur rebus setengah matang hanya diproses dalam waktu singkat untuk membunuh bakteri di dalamnya.

Lebih Rendah Kalori

Khawatir dengan kalori dalam telur? Tak perlu lagi jika jika memilih telur rebus dibandingkan dengan telur goreng. Faktanya, telur rebus setengah matang hanya memiliki sekitar 78 kalori dan 5,3 gram lemak dengan 1,6 gram lemak jenuh.
Sedangkan telur goreng memiliki sekitar 90 kalori dan 6,83 gram lemak dengan 2 gram lemak jenuh.

Karbohidrat dan Vitamin

Telur adalah salah satu makanan yang mengandung asam amino esensial. Telur juga mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral. Merebusnya setengah matang adalah salah satu cara untuk menjaga kandungan tersebut tak hilang terlalu banyak.
Kandungan vitamin A dan B12 juga lebih banyak ketimbang mengolahnya hingga matang. Mengonsumsi telur setengah matang, berarti telah memenuhi sekitar 74 mikrogram vitamin.

telur rebus 1

Simak Tips-tips dibawah ini dech :)

1. Didihkan air yang cukup membenamkan seluruh telur. Setelah mendidih masukkan telur perlahan, bisa menggunakan centong atau saringan (saya menggunakan panci untuk membuat pasta, jadi tinggal dibenamkan)
2. Apabila telur dari kulkas, masak telur selama 6 menit 30 detik. Kalau telur bukan dari kulkas selama 6 menit. Gunakan api sedang (tapi tetap mendidih).
3. Agar kuning telur berada ditengah, 3 menit pertama, dengan menggunakan sumpit gulingkan telur perlahan-lahan. Pertahankan api terus dalam keadaan mendidih
4. Matikan api setelah 6 menit 30 detik, tiriskan telurnya dan SEGERA benamkan di air yang sudah dimasukkan es. Telur didalam cangkang akan menciut dalam sekejap sehingga akan memudahkan mengupas telur
5. Kupas telur dengan memecahkan telur dari bagian pantat telur. Kupas perlahan dari atas ke bawah.

6. Taruh diatas wadah, kemudian potong dengan menggunakan pisau kecil atau dengan benang.

7.  Hasilnya dari telur setengah matang, putih telur matang sempurna sementara kuning telur meleleh. Bisa dijadikan toping untuk makan mie, nasi putih, atau cukup ditabur sedikit garam untuk sarapan.
Mau telur dengan kematangan yang lain? Niy panduan waktu merebusnya
telur rebus

sumber : pinkkorset

sosis ayam

Sosis Ayam Homemade

Tidak jauh berbeda dengan resep Sosis Sapi Homemade,¬†Sosis ayam juga tidak kalah lezatnya …untuk ananda tercinta bisa ditambah sedikit sayur didalamnya biar makin sehat …coba yuk

sosis ayam

Bahan:
250 gr daging ayam giling
2 sdm susu cair tawar
1 putih telur
1 sdm tepung tapioka
1/2 sdt lada hitam halus
1/4 sdt pala bubuk
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
1 sdm minyak goreng
1 batang daun seledri cincang halus (bisa diganti dengan brokoli atau wortel)

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 cm kunyit
==> Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng/margarin

Cara Membuat:
1. Masukkan daging ayam giling ke dalam chopper atau food processor, giling hingga halus.
2. Masukkan bumbu halus, susu cair tawar, tepung tapioka, lada hitam, pala bubuk, garam, gula pasir dan daun seledri cincang, giling kembali hingga adonan sosis tercampur rata dan halus.
3. Tuangkan putih telur dan minyak goreng, giling kembali hingga adonan sosis benar2 licin dan halus.
4. Masukkan adonan sosis kedalam plastik segitiga (piping bag), lalu semprotkan  adonan sosis ke dalam plastik chasing. Ikat ujung2 plastik sosis dengan benang atau karet gelang.
5. Rebus sosis ke dalam air panas tapi jaga kondisi air perebus tidak dalam keadaan mendidih hingga berbuih-buih. Tunggu sampai sosis berubah warna dan mengeras, dan tetap jaga kondisi air tidak mendidih yang bergolak. Kalau sudah matang angkat sosis, dinginkan.
6. Lepaskan tali pengikat sosis, buka plastiknya dan siap untuk diolah sesuai selera.

sosis sapi

Sosis Sapi Homemade

Semua yang serba homemade harusnya lebih sehat dan hemat ya bunda, karena kita tahu pasti bahan apa saja yang masuk dalam makanan tersebut, bebas pengawet, pewarna buatan atau zat-zat tambahan lain yang tidak perlu atau bahkan bisa sangat tidak sehat untuk tubuh kita.
Anak-anak hampir semua suka yang namanya sosis, apalagi kalo didepan sekolahnya ada yang jual hotdog, sosis goreng atau pangan lain dari sosis. Hati-hati ya …kadang kualitasnya diragukan. Kita bikin sendiri aja yuk, bikin dalam jumlah banyak bisa disimpan di freezer untuk 3 bulan lho (dengan cara menyimpan yang baik, dalam wadah/plastik tertutup dan tidak keluar masuk freezer :))

sosis sapi

Bahan :
500 gr daging sapi
200 gr tepung tapioka (tepung sagu tani)
3 butir putih telur
1 sendok teh merica bubuk
3 siung bawang putih , haluskan
garam secukupnya
1/2 sendok makan gula pasir
100 ml air es  atau es serut 150 gr
plastik khusus sosis (casing) secukupnya, cari yang halal dan foodgrade ya

Cara Membuat :
1.   Pisahkan daging dari lemak dan jaringan ikat jika ada. Haluskan dengan foodprocessor (kalo gak punya pake chopper blender aza)
2.  Masukkan air es sedikit dan putih telur, haluskan lagi
3.  Masukkan bahan-bahan lainnya, haluskan lagi. Tujuan dihaluskan satu-satu adalah biar adonan halus sempurna, rata dan kenyal.
4.  Masukkan adonan kedalam plastik segitiga. tekan-tekan usahakan jangan ada rongga udara dalam plastik.
5.  Semprotkan adonan sosis kedalam casing hingga adonan habis. Rapatkan dan ikat ujung casing dengan tali, kemudian ikat kembali tiap 10 cm dari ujung ikatan.
6. ¬†Masukkan sosis kedalam air hangat suam-suam kuku, air hangat ya bukan mendidih. Jaga tetap hangat dengan api super kecil …sampai sosis mengapung
7.  Angkat dan masukan dalam air dingin. tiriskan dan lepaskan sosis dari tali ikatan benangnya.
8.  Sosis siap digunakan.

Kalo mau disimpan, pastikan sosis dalam keadaan dingin dan plastik/chasingnya dilepas, masukkan dalam wadah tertutup, simpan dalam freezer.

Selamat mencoba ….

 

lumpia crispy

Lumpia Crispy

Yang srispy dan renyah memang paling enak buat cemilan ya, seperti lumpia goreng …dinikmati panas-panas pas hari hujan pasti asyik banget. Tapi seringkali minyaknya masih banyak sekali menempel atau terserap di hasil akhir gorengan kita kan, apalagi kalo lumpianya “cepat saji” alias sudah disimpan duluan di freezer sebelum digoreng.

Ternyata ada triknya loh …ikuti resep berikut ya

lumpia crispy

Bahan:
25 buah kulit lumpia siap pakai, ukuran 15 x 15 cm

Bahan & bumbu untuk daging:

– 200 gram daging sapi cincang
– 1 sendok makan kecap asin
– 1/2 sendok makan minyak wijen
– 1/2 sendok teh garam
– 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan untuk sayuran:
– 2 batang wortel ukuran sedang, serut kasar

– 3 genggam tauge ( 1 mangkuk sedang)
– 1 batang daun bawang, rajang halus
– 1 batang seledri, rajang halus

Bumbu untuk menumis sayuran:

– 3 siung bawang putih cincang halus
– 1 ruas jahe, cincang halus

– 1 sendok makan soy sauce/kecap asin

– 1/2 sendok makan saus tiram
– 1 sendok teh merica bubuk
– 1/2 sendok makan minyak wijen
– 1 sendok teh kaldu bubuk
– 1 sendok teh garam
– 1 sendok makan gula pasir
– 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Siapkan mangkuk, masukkan daging sapi cincang, dan semua bumbu untuk daging. Aduk rata menggunakan sendok. Tutup mangkuk dengan plastik atau penutup lainnya. Masukkan di kulkas selama 30 menit
2. Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis daging yang telah dibumbui sambil terus diaduk-aduk hingga warna daging berubah tidak pink lagi. Masak hingga daging matang. Angkat dan sisihkan.
3. Gunakan wajan bekas menumis daging, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bawang putih dan jahe cincang hingga harum, aduk-aduk selama ditumis. Masukkan semua sayuran, aduk rata. Tambahkan kecap asin, saus tiram, merica bubuk, minyak wijen, kaldu bubuk, gula, dan garam. Aduk rata dan masak hingga sayuran layu
4. Masukkan tumisan daging ke dalamnya, aduk rata dan cicipi rasanya. Angkat dan dinginkan.
5. Gunakan sehelai kain tipis atau tissue dapur, peras tumisan daging dan sayuran hingga kering, tidak ada air dan minyak yang menetes. Cicipi rasanya, karena air berkurang maka biasanya tumisan menjadi kurang asin, tambahkan sedikit garam.
6. Siapkan kain bersih yang telah dibasahi dengan air dan peras kuat-kuat hingga air tidak menetes. Gunakan kain lembab ini untuk menutup kulit lumpia yang telah keluar dari plastik pembungkusnya
7. Ambil selembar kulit, hati-hati saat melepasnya karena walau kulit lumpia sangat lentur namun biasanya melekat kuat satu sama lain. Tarik perlahan hingga lepas
8. Letakkan selembar kulit di meja datar, beri satu sendok makan adonan isi pada salah satu ujung kulit, padatkan adonan isi agar tidak bertebaran dan mudah saat membungkusnya. Lipat kulit dibagian ujung hingga adonan isi tertutup. Lipat bagian kiri dan kanan kulit lumpia, tekan bagian adonan isi dengan ujung jari, rapikan lipatan kulit lumpia, kemudian gulung rapat-rapat. Basahi bagian ujung kulit dengan air agar kulit menempel dan tidak terbuka saat di goreng. Letakkan lumpia yang telah jadi di piring datar. Tutup lumpia dengan kain lembab
9. Lakukan kegiatan bungkus membungkus ini hingga semua kulit lumpia dan adonan isi habis.
10. Panaskan minyak cukup banyak di wajan, goreng lumpia hingga kering kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Lumpia ini sedap disantap dengan cocolan saus sambal yang manis pedas

 

TIPS dan TRIK
Sehelai kain tipis/tissue untuk memeras kandungan air dalam adonan isi ==> adalah Agar kulit lumpia tidak mudah berlubang saat di gulung maka adonan isi harus dalam kondisi kering, alias tidak basah dan berminyak, sehingga lipatannya rapi dan rapat yang merupakan salah satu syarat lumpia yang baik karena lipatan seperti ini mencegah minyak masuk ke dalam lumpia sehingga tidak mengganggu rasa isi lumpia.

Sehelai lap basah untuk menutup kulit lumpia atau adonan lumpia yang sudah dilipat ==> adalah untuk mencegah supaya kulit lumpia tidak kering. Kulit yang kering atau hilang kelembabannya akan pecah-pecah saat digunakan untuk membungkus

JIka ingin disimpan ==> Masukkan lumpia di freezer dalam posisi masih tertata di piring, tidak saling bertumpukan. Bekukan. Jika lumpia telah membeku, masukkan lumpia ke dalam plastik atau wadah kedap udara lainnya. Jika akan disantap, langsung goreng saja lumpia dalam minyak panas dalam kondisi beku, tidak perlu dicairkan. Jika dicairkan maka kulit lumpia akan basah dan berlubang